Tuesday, December 29, 2015

Apa yang dilakukan orang Jepang menjelang Tahun Baru? (Part 2)



Apa hanya sampai tanggal 31 Desember saja perayaan Tahun Baru dirayakan di Jepang? Ya nggak dong, kalo misalnya iya, ngapain Yuki bikin part 2 ini? wahahahaha :p
Bercanda.... Setelahnya tanggal 31 desember masih ada kegiatan lain yang berhubungan dengan Tahun Baru yang dilakuin disana loh.

1 - 7 Januari


Hatsuhinode - Menyaksikan terbitnya Matahari di Tahun Baru



Apa nama lain dari Negara Jepang? "Negeri Matahari Terbit". Karena itu banyak orang Jepang yang percaya bahwa matahari terbit yang pertama kali pada suatu tahun memiliki arti khusus, Tradisi ini disebut dengan "Hatsuhinode". Mereka berdoa pada saat matahari mulai muncul di pagi hari untuk pertama kalinya dalam Tahun Baru. Tradisi ini dipercaya membawa keberuntungan, apalagi kalau dilakukan ditempat-tempat yang pemandangan matahari terbitnya sangat bagus seperti di gunung atau di pantai. Selain itu, menyaksikan matahari terbit untuk pertama kalinya di Tahun Baru bisa membuat kita memiliki semangat yang luar biasa untuk memotivasi diri kita sendiri di Tahun itu :)
"I'm sure I can do it this Year!"


Melakukan Doa pertama di sebuah Kuil



Dalam tiga hari pertama di Tahun Baru (1-3 Januari). Orang jepang baik yang beragama maupun tidak akan mendatangi Kuil untuk melakukan Doa pertama di Tahun ini, ini adalah Tradisi yang selalu dilakukan. Kalau kita di Jepang, kita bakal ngelihat banyak banget orang yang antri untuk memberikan persembahan kecil berupa 5 yen yang dipercaya paling memberi keberuntungan dan lalu berdoa menyampaikan harapan mereka pada Tahun ini.



Berhubung di Jepang sangat dingin (di tempat Yuki sekarang panes banget, kapan ya bisa turun salju... ) maka kebanyakan kuil akan menyediakan minuman yang terbuat dari beras yang disajikan hangat secara gratis, disebut juga "amazake".



Selain itu para orang yang datang juga bisa mengambil lidi yang isinya adalah ramalan tertulis tentang Tahun ini yang disebut dengan "omikuji". Di setiap lidi terdapat deskripsi atau uraian tentang seberapa beruntung atau tidaknya seseorang, terdapat keuangan, kesehatan, asmara, dan lain-lain.



Gimana kalau kita menerima lidi yang isinya kurang atau tidak beruntung? Jangan sedih dan merasa Tahun ini kamu bakal selalu tidak beruntung, kamu bisa mengikatnya pada tempat yang ditentukan di halaman Kuil dengan harapan untuk dapat menghindar dari ramalan itu.



Selain itu, kamu bisa membeli jimat untuk Tahun yang baru, disebut juga dengan "omamori". Omamori disediakan untuk berbagai jenis tujuan, baik itu untuk mengusir roh jahar, melancarkan jodoh, memperbaiki keuangan, keselamatan kelahiran, dan lain-lain. Bentuknya juga bermacam-macam, ada yang berbentuk seperti amplop kecil yang kita tidak boleh membukanya karena akan mengurangi keampuhannya menurut kepercayaan orang orang.
Oh iya, jangan pernah membakar jimat itu. Kalau kamu mau membuang jimat tersebut, taruhlah di kuil, begitu juga dengan jimat yang diperoleh di Tahun sebelumnya, taruh di kuil untuk dibakar pada sebuah upacara resmi.


Makan-Makan Tahun Baru



Pada saat Tahun Baru, di Jepang biasanya dirayakan dengan makan-makan bersama.
Ada dua makanan utama yang dimakan pada saat itu: "Osechi" dan "Ozoni" (lihat gambar di atas, gimana? laper? laper? xD)

Orang jepang menggunakan Osechi karena pada saat era Heian, ada kepercayaan bahwa memasak pada 3 hari pertama Tahun Baru akan mengakibatkan nasib buruk, karena itu makanan yang akan dimakan pada hari itu harus dipersiapkan sebelum Tahun Baru. Osechi adalah makanan yang direbus hingga kaldunya meresap, terdiri dari bahan-bahan yang dikeringkan. Selain itu osechi juga memiliki makna yang berkaitan dengan panjang umur, kesehatan dan kebahagiaan.

Sedangkan Ozoni adalah sup bergizi yang dimasak di medan perang pada abad ke-16 pada akhir periode Muromachi. Bahan utama ozoni adalah kue mochi, dapat dibuat sesuai selera sehingga amat banyak jenis kaldu yang digunakan untuknya begitu juga dengan bahan yang digunakan, dapat menggunakan bahan di masing-masing wilayang atau bahan bahan yang merupakan tradisi keluarga sendiri untuk supnya.

Nengajyou - Kartu Tahun Baru



Orang-orang Jepang akan sibuk mengirimkan surat ucapan yang disebut juga "Nengajyou" kepada keluarga dekat dan teman-teman. Isi dari kartu tersebut biasanya ucapan selamat tahun baru seperti ini:
"あけましておめでとうございます!"
"Akemashite Omedetou Gozaimasu!" (Selamat Tahun Baru!)


Otoshidama - Memberi amplop uang untuk anak-anak



Dalam Tradisi di Jepang, setiap Tahun baru, anak-anak akan memperoleh sebuah amplop yang berisi uang atau disebut dengan "otoshidama", otoshidama tidak hanya didapat dari orang tua mereka saja, namun juga dari keluarga mereka seperti kakek, nenek, paman, bibi. Jumlah uang yang ada didalam amplop akan makin banyak seiring bertambahnya usia si anak tersebut, tapi biasanya semua anak dalam satu keluarga menerima jumlah yang sama agar tidak iri iri an satu sama lain. Anak-anak bebas untuk membelanjakan uang tersebut sesuai keingininan mereka


Permainan Tahun Baru



Selain di atas, cara lain merayakan Tahun baru di Jepang adalah dengan memaikan permainan tradisional seperti "hanetsuki" - bulu tangkis dengan raket kayu berhias, bermain layang-layang, atau "karuta" - permainan kartu. Kegiatan lainnya ada juga seperti kaligrafi, membaca puisi. Namun yang paling penting adalah kebersamaan yang dirasakan di Tahun baru itu dengan bermain beberapa permainan bersama.


Hatsuyume - Mimpi pertama saat Tahun Baru



Terdapat Tradisi di Jepang yang mengatakan bahwa mimpi pertama yang kita mimpikan saat Tahun Baru dipercaya bahwa apapun mimpi itu akan meramalkan keberuntungan selama sepanjang Tahun itu, disebut "Hatsuyume". Apabila melihat gunung fuji, burung elang, atau terong di dalam mimpi, maka diyakinini akan menjadi sangat beruntung di Tahun itu.


Kenapa Gunung Fuji, Burung Elang, dan Terong?
Ada yang mengatakan bahwa ini adalah kombinasi keberuntungan:
1. Gunung Fuji adalah Gunung tertinggi di Jepang
2. Burung Elang adalah burung yang pintar dan kuat
3. Terong (nasu / nasubi 茄子) yang berarti memperoleh sesuatu yang hebat (nasu 成す)


Source:
Wikipedia
Travel Rakuten

Dannnnnn~
Happy new Year ya! Semoga Tahun ini kita makin sukses, sehat, pekerjaan menjadi lancar, semoga kita makin dekat dengan mimpi-mimpi kita dan orang yang kita sayang. 

No comments:

Post a Comment